Kamis, 03 Juli 2008

Bontang


Sepanjang lk 2 km, jalan yang aku lalui terbuat dari kayu kalimantan. Cukup mewah tempatku berjalan menuju sebuah cafe yang terdapat di atas laut di Bontang Kuala, Kota Bontang - Kalimantan Timur. Di laut juga kita bisa melihat PT Badak perusahaan gas yang cukup terkenal di Kaltim. Dan di laut juga kita bisa melihat beberapa rumah yang dibangun di atas laut, sehingga transportasi mereka dilakukan melalui perahu kecil.

Di kota inilah aku berada selama empat hari untuk memberikan ceramah tentang pemanfaatan budaya lokal daerah atas undangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang. Lumayan yang hadir PNS, tokoh adat dan masyarakat adat yang ada di sana. Tempatku nginap juga gak kebayang jika aku diinapkan oleh mereka di Hotel Sintuk Bontang, punya Pupuk Kaltim... suatu saat aku ingin lagi ke sana.

Di Samarinda aku istirahat sejenak di Sungai Mahakam. Memang sangat luas, kapal-kapal tanker saja berlabuh disana, namun sedikit kotor dan banyak sampah. Apalagi PON akan berlangsung Juli 2008 disini, maka tak pelak lagi jika aku kesana sedang dilakukan upaya-upaya perbaikan infrastruktur seperti jalan dari Balik Papan menuju Samarinda, Bontang.

Ket. Foto. kiri: Sungai Mahakam
Ket Foto kanan: Bontang Kuala

Jekarta, 4 juli2008.

Tidak ada komentar: